Celta ganggu laju Barcelona dalam perburuan juara

Posted by on June 27, 2020


Jakarta (ANTARA) kepala Celta Vigo mengganggu laju Barceloa dalam perburuan juara Liga Spanyol musim ini setelah menahan imbang tamunya itu dengan skor 2-2 dalam laga pekan ke-32 di Stadion Balaidos, Minggu.

Kapten Celta, Iago Aspas, mencetak gol dua menit jelang bubaran periode normal untuk menghapus keunggulan yang sempat dimiliki Barcelona sejak menit ke-67.

Hasil itu untuk sementara mengangkat posisi Barcelona ke puncak klasemen dengan kumpulan 69 poin, tetapi Real Madrid (68) bisa menyalip jika mengalahkan pertandingannya pada Minggu (28/6) periode setempat (Senin WIB).

Sebaliknya, bagi Celta (34) utama poin penting yang mereka mengambil dari laga kontra Barcelona, membuat mereka memegang keunggulan enam pokok dari zona degradasi, menempati susunan ke-16, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Baca juga: Klasemen Gabungan Spanyol: Real Madrid dan Barcelona terus bersaing ketat
Menyuarakan juga: Celta terus perlebar senggang aman degradasi

Enam menit laga berlaku, Barcelona hampir membuka keunggulan melalui situasi sepak pojok tapi sundulan Gerard Pique membentur mistar tiang.

Kemelut terjadi pada depan gawang Celta dari menepuk pojok Messi pada menit ke-10, ketika kiper Ruben Blanco tak bisa melakukan antisipasi di bawah tekanan Luis Suarez, bola disodorkan Arturo Vidal tetapi penyelesaian Ricard Puig malah melenceng dari sasaran.

Barcelona akhirnya menelungkupkan keunggulan pada menit ke-20 lewat situasi bola mati. Alih-alih menerkam sendiri tendangan bebas, Messi mengirim umpan silang kepada Suarez yang berdiri cukup bebas untuk menabrak bola ke gawang tuan rumah.

Dua menit berantara giliran lini pertahanan Barcelona dengan kedodoran, ketika umpan kiper Marc-Andre ter Stegen bisa dipotong namun tembakan Fedor Smolov tidak suci dan bola muntah yang mencari jalan disambar Aspas ditemui aksi terang penjaga gawang Jerman itu membalas kesalahannya.

Ter Stegen kembali memperlihatkan kelasnya ketika ia menggagalkan peluang Brais Mendez & membenturkan bola ke tiang, tembakan susulan dilakukan oleh Aspas dan lagi-lagi Ter Stegen melakukan penyelamatan.

Keunggulan Barcelona raib lima menit memasuki babak kedua ketika Okay Yokuslu mengirimkan umpan tarik nan matang buat diselesaikan dengan baik oleh Smolov, menaklukkan Ter Stegen dan mewujudkan kedudukan imbang 1-1.

Baca juga: Ayahanda Ansu Fati bantah anaknya didekati MU
Baca juga: Juventus dan Barcelona setuju tukar Miralem Pjanic dengan Arthur Melo

Setelah tetap menekan barisan pertahanan tuan vila, Barcelona sukses merestorasi keunggulan melalui gol kedua Suarez yang tampil klinis setelah menerima umpan sejak Messi pada menit ke-67.

Pada menit ke-80, Celta hampir menyamakan kedudukan lewat laku tusukan Nolito yang diselesaikan dengan baik tetapi Ter Stegen tampil gemilang lagi untuk menepis bola.

Tuan rumah kemudian terus menggempur pertahanan Barcelona hingga akhirnya memperoleh peluang bagus tak jauh dari kotak penalti sesudah Pique menjatuhkan Rafinha.

Bola mati dihadapi oleh Aspas yang melepaskan tendangan melengkung dengan meninggalkan Ter Stegen mati langkah demi mengubah skor menjadi ragu-ragu 2-2.

Bahkan dalam menit kelima injury time Nolito berpeluang untuk memenangkan pertandingan bagi tuan rumah ketika memperoleh sasaran di muka gawang, tapi tembakannya terlalu lemah dan mudah dijinakkan oleh Ter Stegen.

Tetapi tentu Celta patut berpuas dengan satu poin yang mereka raih susah payah demi memperbesar asa menghindari degradasi musim ini.

Celta akan memainkan lebih dulu laga pekan ke-33 mereka dengan bertandang ke basis Mallorca pada Selasa (30/6) waktu setempat (Rabu WIB, sedangkan Barcelona bakal menjamu Atletico Madrid dalam Camp Nou beberapa jam berantara.

Membaca juga: Bilbao hidupkan asa Eropa sembari redupkan harapan Mallorca bertahan
Baca juga: Sevilla lagi-lagi bermain imbang

Susunan pemain:

Celta Vigo (3-5-2): Ruben Blanco; Joseph Aidoo, Nestor Araujo (Jeison Murillo), Jorge Saenz; Kevin Vazquez, Brais Mendez (Filip Bradaric), Okay Yokuslu (Rafinha), Denis Suarez, Jacobo Gonzalez (Santi Mina); Iago Aspas, Fedor Smolov (Nolito)
Pelatih: Oscar Garcia

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba (Junior Firpo); Arturo Vidal, Ivan Rakitic, Ricard Puig (Arthur Melo); Lionel Messi, Luis Suarez (Antoine Griezmann), Ansu Fati (Martin Bratihwaite)
Pembimbing: Quique Setien

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020