Kementan: Harga cabai dan daging mulai naik jelang Lebaran

Posted by on May 11, 2021


Jakarta (ANTARA) – Harga pangan dalam tingkat konsumen khususnya untuk cabai dan daging tiba merangkak naik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah atau Lebaran 2021 dibandingkan pekan sebelumnya.

Berdasarkan data dari Panel Harga Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) yang dikutip pada Jakarta, Selasa, kenaikan harga rata-rata secara nasional berlaku pada cabai merah berkeluk-keluk, cabai rawit merah, warga sapi, dan daging ayam.

Harga cili merah keriting per 10 Mei 2021 mencapai Rp40. 139 naik dibandingkan 4 Mei 2021 sebesar Rp36. 914 per kilogram. Lalu harga cabai rawit merah naik menjadi Rp63. 652 dari sebelumnya Rp61. 247 per kilogram.

Harga rata-rata daging lembu secara nasional juga terbang menjadi Rp129. 861 dibandingkan pekan sebelumnya di kisaran Rp125. 574 per kilogram. Harga daging ayam serupa mulai naik menjadi Rp37. 272 dari pekan sebelumnya yang stabil di kisaran harga Rp36. 506 bola lampu kilogram.

Baca juga: Nilai beberapa bahan pokok di Pasar Kramat Jati naik

Kenaikan harga terjadi di hampir seluruh bahan bertabur pokok lain di level konsumen, meski tidak sejumlah peningkatan pada harga cili dan daging. Harga bertabur seperti beras, bawang merah, bawang putih, telur ayam, gula pasir, dan patra goreng naik dibandingkan minggu sebelumnya.

Sejak akhir April hingga pembukaan Mei 2021 BKP Kementan mencatat harga pangan pokok di tingkat konsumen sedang relatif stabil tanpa tersedia lonjakan harga yang istimewa. Namun harga mulai merangkak naik sejak 7 Mei hingga hari ini era Hari Raya Idul Fitri kian dekat.

Pemerintah mengupayakan Gelar Bertabur Murah oleh Pasar Mitra Tani Kementan yang dijalankan dalam menyikapi dinamika pasokan dan harga pangan menghadap Lebaran. Pasar Mitra Tani menjual pangan pokok dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasaran yang bisa diakses di amben Pasar Mitra Tani seluruh provinsi ataupun dipesan secara daring.

Baca juga: Menyambut Lebaran, harga daging lembu di Pasar Senen Rp130 ribu

Pasar Mitra Tani juga memberikan fasilitas biaya daring gratis ongkir di berbagai aplikasi seperti GrabMart, marketplace milik Pasar Mitra Tani Kementan yaitu PasTani, BukaLapak dan juga GoFood.

Selain Kementan, BUMN pangan Perum Bulog juga menyediakan berbagai bertabur murah seperti daging, beras, dan minyak goreng yang harganya lebih murah dipadankan harga di pasar.

Bulog menjual keturunan kerbau dan daging sapi beku di toko formal iPanganandotcom di Shopee dengan harga murah dan gratis ongkos kirim untuk daerah DKI Jakarta dan sekitarnya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Mengucapkan juga: Anies tinjau 3 pasar pastikan harga pangan stabil dan prokes jalan

Baca juga: Peneliti: “Cold storage” solusi atasi perubahan harga cabai

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021