Mensos pastikan bansos jangkau kelompok sensitif terdampak COVID-19

Posted by on April 25, 2020


Jadi, tanpa luput dari perhatian kita

Jakarta (ANTARA) – Menteri Sosial Juliari P Batubara memastikan sandaran sosial (bansos) dari pemerintah akan menjangkau kelompok rentan yaitu disabilitas dan para lanjut usia (lansia) yang terkena dampak pandemi COVID-19.

“Di samping masyarakat umum yang terdampak, kita juga harus perhatikan saudara-saudara kita yang memiliki kebutuhan khusus dan rentan terhadap COVID-19 di antaranya lansia serta penyandang disabilitas, ” kata tempat melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu malam.

Baca juga: Presiden perintahkan seluruh bansos COVID-19 disalurkan pekan ini

Sebelumnya pada Jumat (24/4) Kemensos meluncurkan bansos sembako dari Presiden bagi 4. 763 lansia. Kemudian kementerian terkait balik menyalurkan hal yang sama untuk 7. 072 penyandang disabilitas.

Total 11. 835 paket sembako telah didistribusikan kepada lansia dan penyandang disabilitas yang terdampak pandemi COVID-19. Sesuai kebijakan Kepala RI Joko Widodo terkait larangan mudik untuk memutus mata pertalian penyebaran virus, masyarakat termasuk kawanan akan diberi bansos untuk menutup kebutuhan dasar.

Baca juga: Presiden Jokowi: Pemberian bansos agar warga tak mudik

“Bansos tersebut berupa sembako buat wilayah Jabodetabek dan bansos tunai untuk luar Jabodetabek, ” prawacana Mensos Juliari.

Dia mengatakan penyaluran bantuan bagi bangsa yang terdampak COVID-19 tidak mampu hanya difokuskan bagi kalangan umum saja sebab kelompok rentan yakni disabilitas dan para lansia pula harus diperhatikan kebutuhannya.

Baca juga: Jokowi sebut di DKI ada 3, 6 juta warga butuh bansos hadapi COVID-19

“Jadi, jangan luput sejak perhatian kita, ” katanya.

Situasi pandemi COVID-19 berdampak besar bagi masyarakat terutama kepada lansia dan kelompok disabilitas. Menggunakan bansos tersebut Kemensos berusaha semasa bulan Ramadhan mereka mendapatkan 1 makanan yang baik dan bergizi agar terhindar dari virus serta penyakit lainnya.

Bansos sembako senilai Rp300 ribu itu terdiri dari beras, minyak goreng, kecap, sambal, mi instan, kornet, sarden, susu, teh celup serta sabun mandi. Bantuan akan disalurkan dua kali dalam satu bulan.

Sehingga total bansos sembako dari pemerintah yaitu senilai Rp600 ribu per kepala suku selama satu bulan. Terkait penyaluran akan diberikan selama tiga kamar terhitung April, Mei dan Juni 2020.

Direktur Jenderal (Dirjen) Rehabilitasi Sosial Kemensos Harry Hikmat mengatakan penyaluran bansos bergerak sama dengan PT Pos Nusantara dalam hal pendistribusian langsung kepada penerima manfaat.

“Ini merupakan bantuan yang akan dikasih sampai ke rumah-rumah dengan melibatkan armada PT Pos Indonesia untuk memastikan bantuan sampai ke sendi penerima manfaat, ” kata tempat.

Bansos sembako untuk lansia disalurkan melalui 94 Institusi Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU). Sedangkan bansos bagi penyandang disabilitas didistribusikan melalui 20 LKS Penyandang Disabilitas (PD), 13 Organisasi Baik penyandang Disabilitas (OPD) serta delapan kabupaten dan kota.

Selain berupa sembako, Kemensos serupa segera memberikan bansos tunai buat 146. 181 lansia dan 132. 895 penyandang disabilitas di luar Jabodetabek.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © JARANG 2020