Modus baru, AP II: Penumpang kudu di bandara 4 jam pra terbang

Posted by on May 9, 2020


Prosedur baru dalam memproses keberangkatan penumpang itu ditetapkan guna memastikan terpenuhinya ketentuan dan syarat di dalam SE No. 4/2020 dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Jakarta (ANTARA) – Bandara PT Angkasa Pura II menetapkan prosedur baru untuk keberangkatan, di mana penumpang harus sudah berada di bandara 3-4 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Director of Operations and Services PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Wasid dalam keterangan formal di Jakarta, Sabtu, mengatakan metode baru itu dijalankan di semesta bandara yang dikelola perseroan secara menyesuaikan situasi dan kondisi dalam lapangan.

“Prosedur anyar dalam memproses keberangkatan penumpang itu ditetapkan guna memastikan terpenuhinya keyakinan dan syarat di dalam SE No. 4/2020 dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dan SE No. 31/2020 yang diterbitkan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, ” katanya.

Ia mengantarkan prosedur baru dijalankan secara cermat dengan tahapan yang detail. Bahan penumpang pesawat diminta sudah datang di bandara 3-4 jam pra jadwal keberangkatan.

Baca juga: Penumpang numpuk, AP II diminta lebih jadi terapkan protokol kesehatan

“Prosedur baru tersebut juga dapat terlaksana karena koordinasi intensif dari seluruh stakeholder kebandarudaraan sesuai Kantor Kesehatan Pelabuhan, TNI & Polri, otoritas bandara, maskapai, dan pihak lainnya, ” ujar Muhamad Wasid.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, prosedur baru selalu sudah diimplementasikan bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H.

Menyuarakan juga: KKP Bandara Soetta membuka 40 penumpang positif COVID-19 dalam April-Mei

Pemerintah telah mengizinkan kembali penerbangan niaga berjadwal rute domestik semenjak 7 Mei 2020 guna mengatasi COVID-19 di Indonesia.

Penumpang diperbolehkan melakukan perjalanan dengan sejumlah syarat yang wajib dipenuhi, seperti tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Karakter Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19 yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Sejalan dengan dibukanya penerbangan guna menyalahi COVID-19 ini, bandara-bandara PT Udara Pura II menetapkan prosedur segar untuk keberangkatan penumpang.

Baca juga: Menhub: Mulai 7 Mei seluruh moda transportasi dibuka kembali
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © JARANG 2020