Obama sebut penanganan Trump terhadap pandemi COVID-19 semrawut

Posted by on May 10, 2020


Washington (ANTARA) – Mantan Presiden Barack Obama menggambarkan penanganan Presiden Donald Trump terhadap pandemi virus corona jenis baru atau COVID-19 kacau-balau.

Kritik tersebut  diungkapkan Obama  masa melakukan pembicaraan jarak jauh dengan para mantan anggota pemerintahannya, taat sebuah sumber pada Sabtu (9/5).

Obama telah mengakui diri dari keributan saat Trump menyalahkan dia dan pemerintahannya akan berbagai masalah terkait dengan persediaan peralatan medis untuk memerangi pandemi, yang telah menewaskan lebih sebab 75. 000 warga Amerika.

Dalam seruannya kepada 3. 000 anggota Asosiasi Alumni Obama, yaitu orang-orang yang bertugas di dalam pemerintahannya, Obama mendesak para pendukungnya untuk mendukung calon presiden dibanding Partai Demokrat Joe Biden, dengan mencoba untuk mengalahkan Trump di dalam pemilihan 3 November mendatang.

Obama mengatakan pemilihan umum “sangat penting karena apa yang akan kita lawan bukan hanya individu atau partai politik terbatas. ”

“Apa dengan kita lawan adalah kecenderungan masa panjang di dalam kehidupan warga AS yang menjadi egois mengikuti melihat orang lain sebagai tandingan, ” ujar dia.

Dia mengatakan ini adalah salah satu alasan mengapa “respons kepada krisis global ini sangat kurang”.

“Pandemi akan berserang buruk bahkan dengan upaya terkemuka dari pemerintah. Pandemi ini menjadi bencana yang sangat kacau masa pola pikir seperti ‘apa untungnya bagi saya’ digunakan di dalam pemerintah, ” ujar Obama.

“Itu sebabnya, saya mau menghabiskan waktu sebanyak mungkin dan melakukan kampanye dengan gigih untuk Joe Biden, ” kata dia.

Kantor Obama menegah untuk berkomentar.

Spesialis bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan tanggapan Trump terhadap virus corona telah menyelamatkan nyawa awak Amerika.

Jajak kesimpulan nasional menunjukkan persaingan ketat jarang Trump dan Biden dengan enam bulan tersisa sampai pelaksanaan Pemilu. Biden memimpin di beberapa negeri bagian.

Sumber: Reuters

Mengaji juga: COVID-19 AS: 1. 274. 036 kasus, 77. 034 janji

Menangkap juga: Pence: Gedung Putih berencana bubarkan gugus tugas COVID-19

Baca juga: Trump berharap kematian akibat corona di GANDAR kurang dari 100. 000

 

Obama Kunjungi Museum Arma

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020