Presiden: Perkuat integrasi ekonomi dan stabilitas ASEAN-Australia

Posted by on November 14, 2020


Jakarta (ANTARA) awut-awutan Presiden Joko Widodo mengedepankan dua agenda utama dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Australia, Sabtu, yaitu memperkuat integrasi ekonomi antara perut pihak, dan juga mendorong selalu terciptanya stabilitas dan keamanan pada kawasan.

Presiden yang mendaftarkan KTT ASEAN-Australia secara virtual sebab Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu, serupa mengingatkan kemitraan ekonomi komprehensif regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) yang akan ditandatangani pada Minggu (15/11) akan membutuhkan komitmen besar sejak ASEAN dan Australia.

“Saya yakin RCEP ini bakal menjadi katalis pemulihan ekonomi di kawasan bahkan dunia, ” ujarnya dalam KTT yang diselenggarakan dalam Vietnam.

Presiden selalu memandang ASEAN-Australia perlu memperkuat janji untuk meningkatkan perjanjian perdagangan terbuka ASEAN–Australia–Selandia Baru.

Pengembangan perdagangan itu dapat dilaksanakan secara kelancaran lalu-lintas barang, penguatan ikatan pasokan global dengan memanfaatkan ASEAN sebagai kawasan basis produksi dengan kompetitif, pengembangan kerja sama pabrik 4. 0 dan ekonomi digital, serta peningkatan interaksi antara karakter usaha ASEAN dan Australia.

Sedangkan mengenai stabilitas kesejahteraan di kawasan, Presiden menekankan stabilitas adalah fondasi bagi upaya pemulihan ekonomi pasca-pandemi COVID-19.

“Penghormatan terhadap hukum internasional, tercatat UNCLOS 1982 adalah kunci. Perintah ini perlu terus kita gaungkan ke dunia, ” ungkapnya.

Baca pula: Jokowi dorong penguatan kemitraan ASEAN-Selandia Baru di Pasifik

Selain itu, Presiden memandang bahwa implementasi program secara konkret dalam kerangka ASEAN Outlook on the Indo-Pacific sangatlah krusial untuk memberikan dampak nyata bagi ketenteraman masyarakat di kawasan.

“Di masa sulit ini, kerja sama adalah satu-satunya jalan dengan harus kita tempuh. Saya tetap kemitraan ASEAN dan Australia dapat menjadi penyangga utama paradigma kegiatan sama dan kolaborasi bagi stabilitas, perdamaian, dan kesejahteraan di daerah, ” ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi hadiri KTT ASEAN dengan sejumlah negara mitra

Baca juga: Penasihat ketenteraman O’Brien akan wakili AS dalam KTT ASEAN

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020