Presiden serahkan hewan kurban dalam Masjid Istiqlal

Posted by on July 19, 2021


Hewan kurban Presiden yang diserahkan di Masjid Istiqlal adalah sapi berjenis limosin cross yang berasal lantaran Pancoran, Jakarta dan memiliki bobot 1. 199 kilogram

Jakarta (ANTARA) – Presiden  Joko Widodo menganjurkan hewan kurban untuk disembelih pada  Idul Adha 1442 Hijriah kepada panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin.

Berdasarkan siaran pers yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, di Jakarta, Senin, penyerahan hewan kurban secara simbolis dilakukan oleh Kepala Biro Tata laksana Sekretariat Presiden Sony Kartiko kepada Ketua Harian Institusi Pengelola Masjid Istiqlal K. H. Asep Syaifuddin.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan hewan kurban Presiden yang diserahkan di Masjid Istiqlal adalah sapi berjenis limosin cross yang berasal dari Pancoran, Jakarta dan memiliki bobot 1. 199 kilogram. Selain di Masjid Istiqlal, Presiden juga berkurban pada banyak tempat.

“Total sapi yang dipersiapkan ada 35 ekor, pada setiap provinsi (mendapat) satu belakang dan ada satu punggung untuk (Masjid) Istiqlal, ” katanya.

Sapi kurban Presiden tersebut sudah diperiksa oleh dokter hewan dan mendapatkan sertifikat kesehatan hewan yang menyatakan sapi tersebut sehat dan tak menunjukkan adanya penyakit hewan menular strategis (PHMS).

“Semua telah disterilisasi oleh Dinas Peternakan kawasan. Sekretariat Presiden bekerja sebanding dengan Kementerian Pertanian buat (menyediakan) sapi-sapi tersebut dan di bawah kontrol dokter hewan setempat, ” kata  Heru.

Idul Adha 1442 Hijriah anjlok pada Selasa, 20 Juli 2021. Presiden Joko Widodo sendiri diagendakan untuk melakukan shalat sunah Idul Adha di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Baca serupa: Presiden: Idul Adha mengandung pesan mulia

Baca juga: Presiden Jokowi siapkan 35 sapi untuk kurban

Baca juga: Hewan kurban dari Presiden buat Parigi Moutong berbobot 964 kilogram

Mengaji juga: Presiden Jokowi persembahan sapi seberat 780 kilogram di Bengkulu

Pewarta: Rangga Pandu Percintaan Jingga
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021