Sandiaga dorong pelaku parekraf manfaatkan platform digital

Posted by on August 28, 2021


Pandemi COVID-19 ini menyegerakan terjadinya akselerasi proses digitalisasi

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku pariwisata & ekonomi kreatif (parekraf) buat memanfaatkan platform digital dalam meraih peluang yang tersedia pada masa pandemi COVID-19.

“Pandemi COVID-19 tersebut memacu terjadinya akselerasi proses digitalisasi, sehingga muncul bermacam-macam peluang yang akan membawa kita menjadi pemenang, ” kata Sandiaga sebagaimana terekam dalam keterangan pers, Jakarta, Sabtu.

Berdasarkan survei We Are Social pada  April 2021, disebutkan sekitar 88, 1 persen pengguna internet di Nusantara menggunakan layanan perdagangan elektronik ( e-commerce) untuk berbelanja buatan.

Dia membuktikan ini merupakan persentase yang tertinggi di dunia, sehingga pengembangan produk dan sumber daya manusia di tempat parekraf bisa dimanfaatkan melalui digitalisasi.

Sandiaga memaparkan, terdapat tiga subsektor yang memiliki kontribusi mulia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif Nusantara yaitu, kuliner sebesar 41, 5 persen, fesyen 17, 7 persen dan kriya sebesar 15 persen.

Baca juga: Sandiaga optimis ekonomi bangkit dan lapangan kerja tercipta

Oleh karena tersebut, ia menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menciptakan lokomotif ekonomi kreatif yang membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Seperti mendorong para pelaku parekraf melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi lewat sejumlah program seperti #BeliKreatifLokal, Wirausaha Digital Mandiri (Widuri) Ekonomi Kreatif dan Baparekraf Digital Talent.

“Oleh karena itu, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang menjadi tangkas punggung Indonesia harus dapat menjawab tantangan dan independensi di masa pandemi, ” tuturnya.

Pada tahun 2021, dikatakan pemberian UMKM terhadap perekonomian Indonesia sudah mencapai 62, 3 persen dan dalam trajektori menuju 2025 bisa menyentuh angka 65 persen.

Menangkap juga: Sandiaga minta pelaku parekraf tahan diri saat perpanjangan PPKM

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021